Sabtu, 05 Juli 2008

Kemana Lulusan IAIN dan PTAI Lainnya

Lulusan IAIN dan perguruan tinggi Agama Islam di Kalimantan Selatan Khususnya dan di Indonesia umumnya tidak banyak mendpatkan tempat sebagai pegawai pemerintah maupun sebagai guru sehingga banyak dari mereka merupakan pengangguran terdidik, karena sedikitnya lowongan atau kesempatan kerja untuk lulusan tersebut. Selain itu kelemahannya karena tidak adanya skill di dunia kerja dan lemahnya pemahaman kewirausahaan. Hal ini semakin memperpuruk kesempatan mereka dalam ambil bagian dalam mengisi lowongan kerja.
Para pemimpin dan para pendidik selayaknya ikut bertanggung jawab terhadap masalah ini, sehingga diharapkan timbul kebijakan yang baik dalam menyiapkan para lulusan di kemudian hari nanti yang selain menjadi intelektual Muslim tapi juga bisa menjadi pekerja yang profesional serta menjadi wirausahawan yang profesional pula. Pelatihan pelatihan serta kursus2 dibidang itu selayaknya dilaksanakan sehingga bisa mengurangi masalah pengangguran di daerah ini.
Dalam Dialog Quo Vadis Lululas PTAI mengahadapi Kompetensi profesional di aula IAIN Antashari Banjarmasin tanggal 5 Juli 2008.
Gubernur Lira Kalimantan Selatan dalam paparanya menyebutkan kecerdikan berpikir dan berbuat riil sebagai acuan untuk meningkatkan pengembangan pendidikan PTAI dan IAI dalam menghadapi kompetensi Profesional di Tingkat Global.
dengan mengajak lembaga non formal untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pendidikan dan sertifikasi kursus skill dan kewirausahaan yang diadakan pada saat sebelum kelulusan mungkin merupakan solusi yang baik. kita tunggu niat baik dari pihak IAIN untuk menjawab tanbtangan ini.

Tidak ada komentar: